Daun Binahong

Daun binahong yang merupakan tanaman yang berasal dari Korea dan sudah sejak lama dikenal di negara tersebut dan digunakan sebagai tanaman obat. Di Indonesia sendiri binahong baru-baru ini digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, dari penyakit ringan sampai penyakit berat.

 Daun Binahong

Daun Binahong

Gambar : Daun Binahong

Di negara China, binahong disebut sebagai Dheng San Chi yang secara umum sudah digunakan oleh penduduk di china dengan memanfaatkan seluruh bagian tumbuhan binahong mulai dari batang, umbi dan juga daunnya. Namun bagian yang sering digunakan adalah daun binahong.

Menurut survei, tanaman binahong juga berasal dari Madagaskar, Afrika. Tanaman yang tumbuh di dalam hutan. Kini binahong sudah tumbuh di beberapa negara termasuk Indonesia.

Terdapat 2 variasi dari tanaman ini yaitu Basella alba yang memiliki daun hijau gelap dan Basella rubr yang memiliki batang dan tulang daun yang berwarna merah. Keduanya merupakan tumbuhan herba, merayap atau memanjat. Batangnya tidak berkayu dan sangat lemah, bentuknya bulat, lunak, bercabang. Batang yang merayap di atas tanah, akan mengeluarkan akar. Daun tunggal, letaknya berseling. Bunganya majemuk keluar dari ketiak daun, panjang 3-21 cm, mahkota putih dengan ujung ungu.

Daun binahong menyimpan banyak manfaat dan khasiat alaminya sebagai obat untuk segala macam penyakit dan menjaga kesehatan. Daun binahong memiliki kandungan senyawa alami yang sebenarnya sampai saat ini masih dalam tahap penelitian. Namun, disinyalir binahong memiliki efek farmakologis yang mengandung antioksidan dan antivirus yang cukup tinggi.

Binahong memang terkenal sangat ampuh untuk membantu berbagai penyakit. Dan sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa dipakai untuk pengobatan tradisional. Kandungan-kandungan alami yang ada di dalam daun binahong untuk kesehatan adalah saponin, alkaloid, polifenol, mono polisakarida termasuk di dalamnya L-arabinosa, D-galaktose, L-rhamnose, D-glukosa, flavonoid, Asam oleanolik, Protein, asam askorbat (vitamin C).

Selain itu aktivitas yang dimunculkan dari tanaman herbal daun binahong ini adalah aktivitas sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan, asam askorbat, senyawa fenolik, dan senyawa-senyawa ini sangat baik untuk membantu melawan berbagai serangan bakteri gram yang positif dan yang negatif dan digunakan untuk pengobatan pada penyakit seksual menular.

Kandungan lain yang ada di dalam daun binahong adalah kandungan asam oleanolic yang memberikan manfaat sebagai anti peradangan atau anti inflamasi untuk membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat luka akar. Kadar protein yang ada di dalam umbi binahong juga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk membantu merangsang terjadinya pembentukan antibodi. Protein yang bisa merangsang tubuh untuk membantu menghasilkan hormon pertumbuhan serta reproduksi sel yang bisa membantu menggantikan sel yang sudah rusak.

Zat antimikroba yang ditemukan di dalam akar dan daun tanaman adalah saponin. Selain sebagai zat antimikroba juga sebagai zat antibakteri dan juga sebagai antivirus. Saponin mempunyai manfaat sebagai pembersih dan bisa membantu merangsang untuk pembentukan kolagen, protein yang mempunyai peran dalam proses penyembuhan luka dengan cepat. Saponin juga menunjukkan keampuhan aktivitasnya untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, meningkatkan kekebalann tubuh, sebagai zat antikanker, antioksidan dan bisa membantu mengurangi resiko dari terjadinya penyakit jantung koroner.

Dibawah ini beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan adalah untuk membantu mengobati penyakit :

  1. Diabetes melitus
  2. Radang ginjal
  3. Radang usus
  4. Maag
  5. Gegar otak ringan atau berat
  6. Mempercepat proses penyembuhan setelah operasi melahirkan
  7. Mengobati luka dalam
  8. Mencegah dan membantu mengobati stroke
  9. Menurunkan asam urat tinggi
  10. Obat ambeien alami
  11. Menurunkan darah tinggi
  12. Menurunkan kolesterol tinggi
  13. Menambah dan meningkatkan vitalitas daya tahan tubuh
  14. Serta manfaat lainnya.

Untuk penggunaan daun binahong sebagai pengobatan tradisional luar, membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 1-6 bulan. Dan untuk mengoptimalkan serta mempercepat proses penyembuhan, diharapkan ramuan alami daun binahong ini diminum setiap hari.

Sedangkan untuk pengobatan luar, maka bisa membantu utnuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit seperti :

  1. Luka memar akibat terpukul
  2. Kena api
  3. Reumatik
  4. Pegal linu
  5. Nyeri sendi
  6. Menghaluskan kulit

Cara membuat ramuan daun binahong untuk mengatasi penyakit luar adalah : daun binahong dan batangnya ditumbuk sampai halus, dan kemudian dioleskan sedikit saja pada bagian yang sakit.

Daun binahong sangat bermanfaat untuk membantu mengobati penyakit kronis dan juga untuk perawatan kulit dan kecantikan. Manfaat binahong untuk kecantikan adalah bisa membantu untuk menghilangkan kerutan pada wajah dan menghilangkan jerawat pada wajah. Dan selain itu, penggunaanya untuk kecantikan dan perawatan kulit juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan ramua daun binahong ini sebagai masker wajah yang bisa di gunakan dengan utuh ataupun ditumbuk halus. Dan bisa juga ditempelkan pada bagian wajah yang ingin Anda bersihkan dan langkah ini bisa Anda lakukan di malam hari.

 Daun Binahong


=====================================

>>> Jual Kapsul Binahong Membantu Mengatasi Rematik dan Asam Urat, Mencegah Stroke, Mengembalikan Kondisi Yang lemah Serta Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita Kanker, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Binahong and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>